Laman

13.4.14

Merenungi Sajak, Menjaga Bumi, Merenda Keakanan

(Perbincangan melebar atas sajak Kalimantan Selatan 2030 Kemudian, karya Micky Hidayat)
Oleh M. Nahdiansyah Abdi

Penampakan penyair Micky Hidayat, waktu muda :)
 
Sebuah sajak yang marah, yang berkabar tentang kehancuran dan tragedi, apa nikmatnya? Bagaimana cara “berdamai” dengan puisi yang gegap gempita menceritakan murka dan amukan alam. Saya tak tahu caranya dan sebenarnya tidak terlalu ingin menghadapi “amukan” kata-kata mengerikan dalam tubuh makhluk yang lembut seperti puisi. Menghadapi orang-orang gangguan jiwa di rumah sakit saja sudah repot. Tapi kalau mau ditelusuri, ada saja penyair yang mau mengolah tema tersebut. Salah satunya adalah penyair Micky Hidayat, yang menulis puisi Kalimantan Selatan 2030 Kemudian. Puisi tersebut dapat ditemukan di antologi “Sungai Kenangan” (ASKS IX, Banjarmasin, 2012). Konon, puisi tersebut merupakan metamorfosis dari puisi SOS Kalimantan Selatan yang terdapat dalam kumpulan “Meditasi Rindu”.     
            Jika merunut lebih awal, di era Pujangga Baru, penyair Amir Hamzah telah pula bertutur tentang huru hara alam. Di sajak Hanya Satu, dalam kumpulan “Nyanyi Sunyi”, si penyair bersenandung:

Timbul niat dalam kalbumu:
Terban hujan, ungkai badai
Terendam karam
Runtuh ripuk tamanmu rampak

Manusia kecil lintang pukang
Lari terbang jatuh duduk
Air naik tetap terus
Tumbang bungkar pokok purba

Teriak riuh redam terbelam
Dalam gagap gempita guruh
Kilau kilat membelah gelap
Lidah api menjulang tinggi

dst.

TERIAKAN DIAM DAN KREDO PENYEMBUHAN

Oleh M. Nahdiansyah Abdi*

           
Barangkali tak banyak yang tahu, bahwa saat ini, Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum dipimpin oleh seorang penyair. Muncul pertanyaan: “Bah, siapa pula yang mengangkat dia jadi penyair?” atau pertanyaan-pertanyaan sejenis. Lupakan sejenak pertanyaan yang sejak dulu jadi perdebatan itu. Setidaknya dokter lulusan Universitas Airlangga ini telah menelorkan sebuah buku kumpulan puisi. Judulnya Teriakan Diam. Diterbitkan Bali Kauh Publising, Bali, pada Januari 2011. ISBN: 978-602-98344-1-3. Buku dengan sampul hard-cover dan di dalamnya pun memakai kertas luks yang licin macam kertas majalah itu, dihantar oleh tulisan Nanoq da Kansas, penyair yang tinggal di Jembrana, Bali.
            dr. IBG Dharma Putra, MKM, demikian nama si empunya buku. Lahir di Banjar Tengah, Negara, Jembrana, Bali, pada 1 Maret 1961. Memulai karir sebagai dokter atau kepala puskesmas (?) di desa Kurau, Kabupaten Tanah Laut. Nasib mengantarkannya ke berbagai rupa-rupa jabatan, di berbagai kota di Kalimantan Selatan, hingga terakhir menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Barabai). Buku Teriakan Diam diterbitkan dalam masa itu. Namun, terhitung sejak 1 Desember 2013, ditarik ke provinsi dan diangkat menjadi plt. Direktur RS Jiwa Sambang Lihum. Dan setelah ini, entah ke mana lagi.
           
Dunia tulis-menulis sudah tak asing lagi bagi dokter berkumis lebat ini. Ia merupakan kolumnis tetap di Tabloid Berita Mingguan Jembarana Forum. Dari tulisan-tulisan itu sebagian dikumpulkan dan diterbitkan menjadi buku. Maka lahirlah “Silat Lidah”, kumpulan artikel seputar otonomi daerah dan “Catatan di Atas Pasir”, yang merupakan kumpulan kolom yang pernah ditulisnya. 
            Ada 44 (empat puluh empat) puisi dalam kumpulan Teriakan Diam. Sebagai kumpulan puisi debutan, barangkali puisi-puisinya tak terlalu istimewa. “Aku ingin seperti Renda walau tak sampai/Ingin pula meniru Tardji, Goenawan dan Emha/Kadang ingin jadi Taufik/Dan sering sok Chairil Anwar, ” tuturnya dalam sajak Puisiku Sepi. Para pencari “efek kejut” dari puisi, dalam sekali baca, barangkali tak akan menemukan apa-apa di sini. Tinimbang membincangkan puisi, saya lebih tertarik dengan esai yang ditulisnya untuk buku ini. Judulnya Kredo Penyembuhan.            
“Puisi seharusnya punya kegunaan pragmatis di samping makna filosofi yang dikandungnya. Tanpa hal tersebut maka puisi hanyalah kegenitan pengisi waktu luang yang sia-sia,” tulisnya di paragraf awal. Setelah itu, secara panjang lebar dijelaskan tentang interaksi jiwa, badan (wadag) dan lingkungan kehidupan. Dikatakan bahwa jiwa adalah inti dan bagian holistik dari kehidupan. Jiwa adalah abadi dalam pengembaraan filosofis kosmis untuk mencari sumbernya. Dan dalam kehidupan, jiwa ikut ambil bagian dalam alam kehidupan yang nyata. Pertemuan jiwa dengan domain holistik kehidupan adalah takdir dan kenyataan, tulisnya.

         

KELISANAN DAN KEBERAKSARAAN, SEBUAH CATATAN*

Oleh: M. Nahdiansyah Abdi

Kita hidup dalam budaya lisan yang kental. Kelisanan itu muncul dari pelisan, sebagai aktor utama, dan penonton, di sisi yang berseberangan. Budaya menonton telah menjadi bagian dari hidup kita. Seni tradisi kita hanya dipenuhi tontonan. Seni tari, seni musik, seni drama, niscaya mensyaratkan hadirnya penonton. Madihin, mamanda, bakisah, balamut, basyair, musik panting, aneka tarian, memiliki kegairahan dengan adanya penonton. Jadilah ketika televisi hadir, tradisi menonton kita menemukan oasenya. Televisi hadir 24 jam, memungkinkan kita mengatur waktu untuk memelotinya sesuai dengan waktu lowong kita. Jangkauannya luas, melintasi berbagai ruang dan waktu.  Acara hari ini, bisa ditayang esok hari, dan esok lagi, dan esok lagi, dan bertahun-tahun kemudian hingga menjangkau manusia yang akan datang.   
          

JALAN MENUJU GUMAM

Oleh M. Nahdiansyah Abdi


Gumam kepada sate... :) Mantap!





Empat buku gumam telah diluncurkan oleh Ali Syamsudin Arsi (ASA), yaitu Negeri Benang pada Sekeping Papan (2008), Tubuh di Hutan-hutan (2009), Istana Daun Retak (2010), dan Bungkam Mata Gergaji (2011). Sampai saat ini, penulisnya masih bersikukuh bahwa gumam adalah genre tersendiri, terlepas dari beragam komentar yang memuji dan menyangsikannya. Bagi saya sendiri, hanya ada satu pintu masuk untuk memahami gumam, yaitu kata “gumam” itu sendiri. Orang barangkali kesulitan mengidentifikasi jenis kelamin gumam. Dikatakan puisi bukan, dikategorikan prosa juga tak tepat. Ada orang yang melihat ciri gumam dari kerumitan dan kemampuannya dalam jungkir balik bahasa, yang tentu, membuat lelah pembacaan akibat abstraksi ide yang berlebihan1. Yang lain menyebut gumam sebagai karya yang asimetri, disharmonis, dan menggambarkan adanya dekonstruksi. Dikatakan, Gumam ASA sengaja didesain tidak teratur sebagai dasar estetiknya2. Pernyataan-pernyataan itu barangkali benar adanya. Namun, tak sedikit bagian dari gumam yang runtut, teratur, dan harmonis. Sepertinya gumam ingin melanggar semua batasan-batasan yang ada. Ia bisa sangat puitis, bila sangat prosais, namun juga bisa sangat gelap.